Kamis, 01 Desember 2011

Apa itu Floopy Disk (Disket) ???

Pada bagian ini juga terdapat media untuk penyimpan data seperti hard disk atau disket. Untuk disket, diperlukan media pengaksesnya yang disebut disk drive. disket ukuran 5'25 inch yang kini sudah tidak diproduksi lagi karena tidak praktisUkurannya terbagi dua seperti halnya ukuran disket, yaitu ukuran 3,5 inchi dan 5,25 inchi. Kapasitasnya juga terbagi atas Low Density (Kerapatan Rendah) dan High Density (Kerapatan Tinggi). Untuk disket, informasi ini biasanya tertulis di pojok kiri atas disket, sedangkan untuk disk drive, terpampang pada saat booting disket atau buku manual komputer Anda, atau gunakan program bantu yang menampilkan info hardware seperti System Information dari Norton Utility atau File Manager (Windows 3.1) / Windows Explorer ( Windows 95/98/2000/ME). Media penyimpanan lainnya seperti tape backup, ZIP-drive dan CD-ROM kini sedang disosialisasikan penggunaannya. Tape back-up sendiri sudah lama digunakan, tersedia dalam 2 ukuran lebar penyimpanan datanya, yaitu 4mm (sebesar kaset audio) dan 8mm (sebesar kaset video VHS).


Floppy disk drive
floppydiskSistem floppy disk drive memiliki dua elemen terpisah yakni floppy diskete dan disk drive. Data disimpan dalam disket yang mudah dibawa. Untuk membaca/menulis data, disket harus dimasukkan ke disk drive.
Disk drive memiliki dua head tulis baca, satu untuk tiap sisi disket. Disk diputar pada drive dengan kecepatan 300 atai 600 rpm. Head bergerak secara tangensial ke lokasi track data untuk membaca/menulis data.disk driver
Jenis floppy disk drive terdiri dari:
  • 3 1/2 inch, 1,44 MB drive
  • 3 1/2 inch, 2,88 MB drive
  • 5 1/4 inch, 1,2 MB drive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar